Penerapan Model Demonstrasi pada Pembelajaran PAI Materi Fardhu Kifayah dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMAS PLUS Muhammadiyah di Subulussalam
DOI:
https://doi.org/10.22373/tadabbur.v5i1.342Keywords:
Application of the Demonstration Model, student learning, PAIAbstract
This study aims to examine the application of the demonstration model in learning Islamic Religious Education (PAI) with a focus on Fardhu Kifayah material and its impact on improving student learning outcomes in class XI Science at SMAS Plus Muhammadiyah in Subulussalam. The research method used is Classroom Action Research (CAR) with three cycles. The research data were obtained through observation, written tests, and document analysis. The demonstration model is applied in each cycle with structured steps and actively involves students in the practice of Fardhu Kifayah. The results showed a significant increase in student learning outcomes after the implementation of the demonstration model. The conclusion of this study is that the application of the demonstration model in PAI learning Fardhu Kifayah material can provide positive benefits in improving student learning outcomes. This model allows students to see and experience Fardhu Kifayah's practice firsthand, which helps increase students' understanding, skills, and motivation in carrying out the ritual.
References
Aini, Yuyun Rohimatul. Metode pembelajaran PAI materi perawatan jenazah kelas XI di SMK Negeri 2 Praya Tengah Tahun Pelajaran 2018/2019. Diss. UIN Mataram, 2019.
Fikri, Mumtazul. "Konsep Pendidikan Islam; Pendekatan Metode Pengajaran." Jurnal Ilmiah Islam Futura 11.1 (2017): 116-128.
Hasil analisis dan pembahasan adalah berupa rangkuman dari seluruh yang merupakan tujuan dari penelitian, peneliti meneliti langsung mengenai penerapan model demonstrasi yang dilakukan oleh guru dan respon siswa yang dilihat dari hasil belajar materi Fardhu Kifayah Kelas XI IPA SMAS PLUS MUHAMMADIYAH Kota Subulussalam.
Hasil pengumpulan data dari pre test yang diberikan peneliti kepada siswa kelas XI IPA SMAS Plus Muhammadiyah kota Subulussalam, sebelum melaksanakan model pembelajaran Demonstrasi di kelas.
Kunandar, Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru, Jakarta: Rajawali Pers, 2013.
Mulyasa, Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Rosdakarya. 2007.
Nisa Pohan, K., Nyak Umar, M., & Jamali, Y. (2023). Penerapan Model CTL dalam Meningkatkan Hasil Belajar Materi Haji dan Umrah pada Siswa Kelas VI SD IT Sairussalam. Tadabbur: Jurnal Peradaban Islam, 5(1), 694-711. https://doi.org/10.22373/tadabbur.v5i1.348
Peneliti mendapatkan temuan dari memperhatikan, melihat dan memahami ketika guru mengajar di kelas XI IPA SMAS PLUS MUHAMMADIYAH di Kota Subulussalam. Kemampuan guru dalam mengajarkan materi Fardhu Kifayah mulai dari siklus pertama, kedua dan siklus ketiga.
Peraturan Pemerintah Nomor 74 tahun 2008 tentang Guru Bab II, Pasal 2.
Syaiful Bahri Djamarah & Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2013.
Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Bab IV, Pasal 8.