Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Numbered Heads Together (NHT) dalam Pembelajaran PAI Di SD Negeri 5 Putri Betung Gayo Lues

Authors

  • Mashuri mashuri Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
  • Indah Karunia Bakti UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  • Realita UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Keywords:

Hasil belajar, Model Numbered Heads Together (NHT)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi hasil belajar peserta didik pada materi puasa Ramadhan kelas V di SDN 5 Putri Betung Gayo Lues dan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar peserta didik pada materi puasa ramadhan kelas V di SDN 5 Putri Betung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, desainnya adalah pre-eksperimental design jenis one group pretest posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik pada pretest diperoleh nilai rata-rata sebesar 42,69 dan pada posttest sebesar 68,46. Berdasarkan uji N-Gain diperoleh peningkatan hasil belajar Pendidikan agama Islam peserta didik dengan  model pembelajaran  Numbered Heads  Together  (NHT)  dengan  kategori  gain  sedang  yaitu  0,  4704.  Hasil penelitian yang diperoleh dari hasil uji hipotesis dengan taraf signifikansi 5% yaitu thitung > ttabel (7.833 > 2.060) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar peserta didik pada materi puasa ramadhan kelas V di SD Negeri 5 Putri Betung Kabupaten Gayo Lues.

References

Arikunto, Suharsimi, (2010), Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Dimyati dan Mudjiono, (2002), Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.

Febriyani, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatip Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran SKI DI MTsN 1 Kota Bengkulu. skripsi, Bengkulu: UIN Fatma Wati.

Humaira, H. (2023, Agustus 08). wawancara dengan murid kelasa V SDN 5 Putri Betung.

Istarani. (2012). Model pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Kurniasih, I. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.

Octovia, S. A. (2020). Model-model Pembelajaran SD. Yogyakarta: Deepublish.

Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

------------- (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rajali, S. (2023, Agustus 07). wawancara dengan Guru Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 1 Putri Betung.

Rifka Agustianti, D. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Makasar: Tohar Media.

Salinan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Republik Indonesia nomor 37 tahun 2018.

Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitati, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

------------, (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sujarwani, V. W. (2011). SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Yunita Panma, D. (2021). Metodologi P enelitian Kesehatan. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Downloads

Published

2024-06-09

How to Cite

mashuri, M., Karunia Bakti, I., & Realita. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Numbered Heads Together (NHT) dalam Pembelajaran PAI Di SD Negeri 5 Putri Betung Gayo Lues. URNAL LMIAH AHASISWA, 2(1), 33–42. etrieved from https://jim3121.ar-raniry.ac.id/ej/article/view/469