Hubungan Antara Persepsi Sense of Humor Dosen Dengan Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Uin Ar-Raniry Banda Aceh
Keywords:
Sense of humor, motivasi belajar, mahasiswaAbstract
Motivasi belajar merupakan keseluruhan daya penggerak dalam diri mahasiswa yang menimbulkan kegiatan belajar yang menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar dan yang memberikan arah dalam kegiatan belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki oleh mahasiswa dapat tercapai. Sadirman (2013) menjelaskan bahwa motivasi belajar memegang peran penting dalam naik dan turunnya prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara motivasi belajar dengan sense of humor pada mahasiswa UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan skala sense of humor dosen berdasarkan teori dari Thorson dan Powell (1997)dan skala motivasi belajar berdasarkan teori Santrock (2004). Penelitian ini merupakan kuantitatif dengan metode korelasional. Pengambilan sampel menggunakan teknik stratified random sampling. Jumlah sampel penelitian berjumlah 348 mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukan nilai koefisien korelasi sebesar r = 0,259 dengan signifikansi 0,000. Hal tersebut menandakan bahwa terdapat hubungan positif yang antara motivasi belajar mahasiswa dengan sense of humor dosen pada mahasiswa UIN Ar-Raniry Banda Aceh, artinya semakin tinggi sense of humor dosen maka semakin tinggi pula motivasi belajar mahasiswa dan sebaliknya semakin rendah sense of humor dosen maka semakin rendah pula motivasi belajar mahasiswa.